dr House

Pada proyek fasade ini menjadi tantangan tersendiri bagi Studio BESAR, saat kami diminta untuk mendesain sebuah fasade rumah dengan denah bangunan yang sudah ada sebelumnya. Pola-pola ruang yang terbentuk serta hubungan ruang dalam haruslah bersinergi dengan desain fasade yang juga merespon iklim mikro maupun makro di sekitar bangunan.

Desain fasade pada bangunan ini saling berkaitan dengan ruang dalam. Dimana menentukan unsur-unsur seperti shading, secondary wall untuk kebutuhan pencahayaan dan penghawaan menjadi konsentrasi dalam penyelesaian masalah desain.
Memasuki konsep material yang digunakan pada fasade seperti batu alam pada dinding atau kayu kisi-kisi (secondary wall) turut memperlambat perpindahan kalor dari luar ke dalam bangunan sehingga pada siang hari bangunan tetap terasa sejuk, desain lainnya terletak pada olahan masa bangunan dengan kanopi beton yang menonjol atau beruas guna memberikan shading dan pencahayaan yang tidak berlebih ke dalam ruangan. Tidak lupa untuk area semi outdoor yang berada di area dalam dan tetap membutuhkan privasi (tidak terlihat) kami memasang rooster agar penghawaan didalam bisa tersalurkan, baik dari dalam keluar maupun luar ke dalam.

Seiring proses desain fasad, Kami pun diberi kesempatan untuk mendesain interiornya. Seperti halnya saat mendesain fasade, desain interior pada bangunan ini juga saling berkaitan dengan ruang luar. Arsitek membangun kesan dan juga membuat penataan furniture menyesuaikan dengan layout ruang yang telah terbentuk. Fokus Arsitek dalam mendesain interior ini ada pada pembentukan kesan ruang yang sesuai dengan keinginan Klien yaitu, kesan elegan dan juga penyesuaian kebutuhan klien akan furniture.

Nama Proyek
dr House

Lokasi Proyek
Pakuan, Bogor

Tim Desain
Ilham F.

Tahun
2018

Status Proyek
Terbangun

Luas tanah
285 m2

Luas Lantai Dasar
82 m2

Luas Bangunan
180 m2

Jumlah Lantai
2

Pekerjaan
Fasad, Interior & Lansekap Desain

Lihat juga proyek ini di

Proyek Lainnya